Surabaya (Antara Jatim) - Bupati Trenggalek Emil Dardak mengharapkan keputusan teknis tentang detil desain pembangunan bandar udara di kawasan Tulungagung selesai pada 2017, sehingga bisa segera dilakukan pengerjaannya.

"Harapan kami tahun depan sudah ada keputusan teknis tentang detil desainnya," ujarnya ketika ditemui di sela sarasehan di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, setelah keputusan terkait teknis itu selesai maka pembangunannya juga bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Terkait lokasi, bupati muda yang juga suami artis Arumi Bachsin tersebut mengakui telah menerima hasil dari tim asal Kementerian Perhubungan RI.

"Tim yang di antaranya diisi pejabat Angkasa Pura 1 serta Direktorat Bandar Udara Kemenhub sudah meninjau lokasi beberapa kali dan hasilnya potensial," ucapnya.

Nantinya, kata dia, juga dilakukan pematangan kajian untuk memastikan pembangunan sebelum dikerjakan sehingga sudah sesuai dengan apa yang direncanakan.

Sebelumnya, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo menyampaikan bahwa dari empat yang diusulkan, tim asal Kemenhub dan Angkasa Pura meninjau satu lokasi di wilayah perbatasan antara Kecamatan Campurdarat dan Tanggunggunung.

Menurut dia, probabilitas lahan yang ditinjau untuk dipilih sebagai lokasi bandara komersial sangat besar, terlebih lokasinya dinilai strategis yang mudah diakses dari jalur lintas selatan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016