Madiun (Antara Jatim) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Madiun melepas kontingen yang akan mewakili daerah setempat dalam ajang "Indonesia Scouts Challenge" (ISC) 2016 "Province Championship" Jawa Timur yang akan diadakan di Kabupaten Gresik pada tanggal 16-18 September.

"Berlombalah dengan sportif dan harumkan nama Kota Madiun," ujar Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Madiun Sugeng Rismiyanto selaku pembina apel saat Apel Besar dalam rangka Peringatan ke-55 Hari Pramuka Tahun 2016 di halaman depan Balai Kota Madiun, Kamis.

Sugeng Rismiyanto yang juga sebagai Wakil Wali Kota Madiun, memberikan semangat kepada kontingen bahwa mereka adalah wakil terbaik dari Kota Madiun dalam ajang ISC 2016

Dalam ajang tersebut kontigen Kota Madiun untuk regu putra diwakili oleh SDN 02 Pangongangan, sedangkan regu putri diwakili oleh SDN 03 Klegen. 

Mereka sebelumnya telah berlatih keras untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Timur tersebut. Dalam ajang tersebut para kontingen akan diuji dari segi mental, kejelian, kecermatan, dan kecerdasan siswa.

Sesuai informasi, final tingkat provinsi itu akan diikuti peserta dari 36 kwarcab se-Jatim. Total ada 1.500 peserta pramuka cilik yang akan berlomba unjuk kebolehan.

Masing-masing 750 putra dan 750 putri yang rata-rata siswa kelas V dan VI SD. Mereka adalah peserta terbaik yang lolos seleksi di tingkat "regional championship" atau tingkat kabupaten/kota.

Nantinya, regu terbaik Kwarda Jatim otomatis lolos dan berhak terbang ke Amerika. Meski tidak menang di tingkat nasional tetap bisa berangkat. Hal itu berlaku khusus untuk Jawa Timur.

Setelah "province championship", regu-regu terbaik se-Indonesia akan mengikuti ajang final "National Championship" ISC 2016 yang rencananya akan digelar di Prambanan, Yogyakarta, pada 24–26 Oktober. 

Sementara, regu kontingen putra dan putri Kota Madiun mengaku telah siap bertanding. Sesuai rencana mereka akan berangkat ke Kabupaten Gresik pada Kamis malam dengan diangkut satu unit bus bersama para kakak pembina. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016