Magetan,  (Antara Jatim) - Seorang calon haji asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur terpaksa berangkat ke asrama haji Sukolilo Surabaya pada Jumat dini hari dengan ambulans, karena sakit.

"Memang ada satu calon haji yang sakit saat pemberangkatan, yakni atas nama Hari Susetyo," ujar Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Magetan, Yun Isnaini kepada wartawan, di Magetan, Jumat.

Menurut dia, kesehatan calon haji yang bersangkutan selama beberapa hari sebelum berangkat mengalami penurunan.

"Sehingga saat pemberangkatan dini hari tadi langsung kami fasilitasi dengan ambulans untuk berangkat ke Surabaya bersamaan dengan calon haji lainnya yang menggunakan tujuh unit bus," tuturnya.

Pihaknya berharap yang bersangkutan tetap dapat berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Namun, hal tersebut tergantung keputusan dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

"Keputusan untuk dapat berangkat ke Tanah Suci atau tidak, ada di pihak Surabaya. Setiba di Surabaya, yang bersangkutan akan diperiksa kesehatannya untuk dilihat apakah layak terbang atau tidak. Jika tidak, mungkin bisa ditunda," ucap Yun.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara umum, semua calon haji asal Magetan telah siap lahir dan bantin untuk berangkat ke Tanah Suci.

Adapun, jumlah calon haji Magetan yang berangkat pada musim haji tahun 2016 mencapai 306 orang yang tergabung dengan kelompok terbang (kloter) delapan.

Mereka terdiri dari 166 calon haji perempuan dan 140 calhaj pria. Dari jumlah tersebut terdapat lima calon haji yang batal berangkat karena sakit dan meninggal dunia.

"Alhamdulillah semua calon haji sudah siap berangkat. Urusan visa juga sudah selesai dan itu akan dibagi di Surabaya," tambahnya.

Saat ini ratusan calon haji Magetan sudah berada di asrama haji Sukolilo Surabaya untuk beristirahat. Mereka dijadwalkan masuk asrama haji pada pukul 06.00 pagi tadi.

"Sesuai rencana calon haji Magetan akan terbang ke Medinah pada Sabtu (13/8) dini hari bersamaan dengan calon haji asal Kota Madiun dan Surabaya," kata dia.

Sementara, pemberangkatan calon haji Magetan pada Jumat dini hari dilepas langsung oleh Bupati Magetan Sumantri di Pendopo Surya Graha. Keberangkatan para calon haji tersebut diiringi oleh doa haru para keluarga yang mengantarnya. Calon haji Magetan akan berada di Tanah Suci hingga 21 September 2016.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016