Surabaya (Antara Jatim) - Gedung Negara Grahadi yang berlokasi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya dipercantik menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-71 dengan memperbaiki sejumlah bagian-bagian yang perlu mendapat perawatan dan perbaikan.

"Ada yang harus dibenahi, bahkan dicat ulang di beberapa bagian yang dindingnya mengelupas, terutama di bagian pagar," ujar Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Hizbul Wathon kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Selain dipercantik, gedung cagar budaya yang berdiri sejak zaman Belanda tersebut juga dipersiapkan untuk upacara dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2016.

Grahadi sebagai simbol Pemerintahan Provinsi Jatim, kata dia, harus mendapat perhatian khusus karena juga menjadi ikon sehingga harus selalu terlihat indah.

"Pemasangan lampu baru di sejumlah sudut, kemudian pergantian pernak-pernik yang usang, serta pengecatan pilar-pilar utama juga dilakukan," ucap mantan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat tersebut.

Agar gedung bergaya romawi itu lebih menarik, lanjut dia, dua buah meriam hias dari kuningan yang menjadi ciri khas juga tak luput perhatian.

Tidak itu saja, pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul juga telah dilakukan di sekitar gedung, termasyk pemasangan tenda dan panggung paduan suara juga telah dilakukan.

"Semua perlengkapan upacara sejak minggu kemarin sudah mulai disiapkan. Semua ingin melaksanaan peringatan detik-detik Proklamasi berjalan sukses dan lancar," katanya.

Sementara itu, khusus bagi pegawai di lingkungan kerja Pemprov Jatim juga dilakukan sejumlah kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan, seperti perlombaan antarbiro dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Ada lomba-lomba olahraga seperti pada umumnya, seperti bola voli, bulu tangkis dan lainnya. Ada juga lomba antardinas yang dikemas semenarik mungkin," kata mantan Sekretaris Korpri Pemprov Jatim tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016