Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep menyatakan jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Jakarta-Sumenep mulai meningkat.

"Di Sumenep terdapat empat operator bus AKAP di jurusan Sumenep-Jakarta dan sebaliknya. Sejak Sabtu (25/6), jumlah penumpang di jurusan Jakarta-Sumenep terpantau meningkat," kata Kabid Perhubungan Darat Dishub Sumenep, Abd Hadi di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Pada hari-hari biasa, jumlah bus yang datang dari Jakarta ke Sumenep pada masing-masing operator bus AKAP itu pada kisaran satu hingga empat unit per hari.

"Sejak Sabtu (25/6), jumlah bus yang datang ke Sumenep pada masing-masing operator bus AKAP tersebut meningkat menjadi pada kisaran dua hingga enam unit," ujarnya.

Hadi menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang bus jurusan Jakarta-Sumenep di masing-masing operator AKAP berbeda.

Empat operator bus AKAP jurusan Sumenep-Jakarta dan sebaliknya yang memiliki perwakilan di Sumenep adalah PO Karina, PO Pahala Kencana, PO Haryanto, dan PO Madu Kismo.

"Ada peningkatan jumlah penumpang. Kalau pada hari-hari biasa, bus kami yang ke Sumenep hanya satu unit per hari. Saat ini, jumlah bus kami yang datang ke Sumenep sebanyak dua unit dengan membawa 60 penumpang," kata perwakilan PO Karina, Amal Hanafi.

Sementara perwakilan PO Pahala Kencana, Budiono menjelaskan, jumlah busnya yang dari Jakarta ke Sumenep selama dua hari ini (25-26/6) sebanyak enam unit dengan membawa 132 penumpang.

"Masing-masing bus membawa 32 penumpang. Kami memperkirakan peningkatan jumlah penumpang bus kami akan terjadi hingga menjelang Lebaran. Pada hari-hari biasa, jumlah bus kami yang datang dari Jakarta pada kisaran tiga hingga empat unit," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016