Pamekasan (Antara Jatim) - Polres Pamekasan, Jawa Timur, kini terus menggencarkan razia kendaraan bermotor di malam hari, sebagai upaya untuk mendukung terciptanya situasi kondusif menjelang bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah.

Razia digelar di bagian selatan Monumen Arek Lancor, yakni di Jalan Panglima Sudirman Pamekasan, Rabu malam. 

Sekitar 30 petugas gabungan diterjunkan dalam razia yang berlangsung selama sekitar tiga jam itu.

"Selain untuk mendukung terciptanya suasana yang kondusif, razia di malam hari ini juga dimaksudkan untuk menekan terjadinya kasus pencurian kendaraan bermotor," kata Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho.

Puluhan pengendara yang tidak menggunakan helm terjaring dalam razia itu, dan langsung diberi sanksi tindak pelanggaran.

Beberapa pengendara sepeda motor yang berupaya kabur, karena tidak menggunakan helm berhasil dicegat oleh petugas berpakaian preman.

Menurut kapolres, razia kendaraan bermotor di malam hari itu, akan terus dilakukan hingga mendekati Ramadhan guna mendukung tercitanya suasana kondusif saat Ramadhan.

Disamping itu, dengan menggelar razia secara gencar, maka pengendara kendaraan bermotor bisa lebih tertib berlalu lintas dan pada akhirnya bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Sebab, salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan raya, karena pengendara tidak tertib lalu lintas.

"Tertib berlalu lintas sesuai dengan ketentuan itu, merupakan modal utama keselamatan berkendaraan," katanya.

Tidak kurang dari 40 unit kendaraan bermotor diberi sanksi tindakan pelanggaran petugas dalam razia itu.

Kebanyakan adalah pengendara yang tidak menggunakan helm dan kelengkapan alat sepeda motornya kurang, seperti sepion dan pelat nomor kendaraan yang tidak standar. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016