Sumenep (Antara Jatim) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, optimistis penyusunan rencana induk pembangunan pariwisata daerah (RIPPDA) tuntas pada tahun ini.

"Penyusunan RIPPDA itu dilakukan oleh pihak ketiga. Kami sudah menenderkan rencana kegiatan tersebut beberapa waktu lalu dan penyusunannya memang harus selesai pada tahun ini," kata Kepala Bappeda Sumenep, R Ahmad Aminullah di Sumenep, Selasa.

Ia menjelaskan, RIPPDA nantinya akan menjadi pedoman pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Sumenep.

"Pembangunan pariwisata di Sumenep akan menjadi bagian integral dari pembangunan kepariwisataan di tingkat provinsi dan nasional," ujarnya.

Serupa dengan program pemerintah lainnya, pembangunan pariwisata di Sumenep juga bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan sumber daya manusia dan pemanfaatan semua potensi pariwisata dalam rangka peningkatan kesejahteraan warga.

Melalui RIPPDA itu juga, rencana pembangunan dan pengembangan pariwisata di Sumenep diharapkan akan berjalan lebih komprehensif dan integral.

"Butuh sinergi semua elemen untuk meningkatkan kualitas kepariwisataan, baik di internal kami di lingkungan pemerintah daerah, warga Sumenep, maupun pihak terkait lainnya, seperti pengusaha pariwisata," kata Minul, sapaan Ahmad Aminullah.

Ia optimistis sinergi semua pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumenep.

"Hal terpenting dari RIPPDA adalah komitmen para pemangku kepentingan untuk merealisasikan konsep atau rencana yang tertuang dalam dokumen tersebut dan selanjutnya pariwisata di Sumenep menjadi sesuatu yang aman, nyaman, dan prioritas untuk dikunjungi wisatawan," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016