Lamongan, (Antara Jatim) - Sejumlah petani tambak di Desa Tambakploso, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mengalami kerugian sekitar Rp1 miliar, akibat banjir yang merendam tambak mereka, sebab tambak tersebut berisi udang jenis Vanname yang siap panen. 

Kepala Desa Tambakploso Kecamatan Turi Heri Purwanto, Selasa mengatakan berdasarkan laporan warganya yang sebagai besar petambak, diperkirakan kerugian yang dialami warganya mencapai Rp1 miliar, setelah banjir akibat jebolnya tanggul di Sungai Plalangan wilayah setempat.

"Kerugiannya sekitar Rp1 miliar, karena areal tambak berisi Udang Vanname yang sudah siap panen sekitar dua minggu lagi," ucap Heri di Lamongan.

Menanggapi hal itu, Penjabat Bupati Lamongan Wahid Wahyudi mengaku Pemkab Lamongan telah menyerahkan bantuan beras dan paket sembako ke berbagai wilayah yang terdampak banjir, ditambah beberapa bantuan seperti bibit ikan.

"Kami bersama TNI dan Polri telah memetakan lokasi bencana banjir, dan langsung bergerak untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Ditambah beberapa bantuan beras dan sembako untuk warga yang terdampak musibah, dengan total yang disiapkan 1 ton beras bantuan," katanya.

Wahid mengaku, Pemkab juga sedang melakukan pendataan kepada setiap kepala keluarga yang rumahnya terdampak bencana banjir, sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016