Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 80 nelayan dari lima kecamatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menerima bantuan sarana digital "M-Fish", yakni alat teknologi berbasis telepon pintar yang bisa mendeteksi kerumunan ikan di laut.

"Alhamdulillah, para nelayan di Sumenep menjadi salah satu penerima program bantuan sarana digital M-Fish dari PT XL Axiata. Alat teknologi berbasis telepon pintar ini akan sangat membantu para nelayan dalam mencari/menangkap ikan di laut," ujar Kabid Agribisnis Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumenep, Ahmad Khalili di Sumenep, Rabu.

Penyerahan bantuan perangkat M-Fish dilakukan secara simbolis kepada lima nelayan oleh Khalili disaksikan oleh Area Sales Manajer Digital Service PT XL Axiata Jawa Timur, Sonny Adinata, dan Area Sales Manajer PT XL Axiata Madura, Abd Muids di Aula Kantor DKP Sumenep.

"Secara keseluruhan, penerima bantuan sarana digital M-Fish di Sumenep sebanyak 120 nelayan. Namun, untuk sementara baru 80 nelayan dari lima kecamatan, yakni Pasongsongan, Bluto, Dungkek, dan Giligenting, karena 40 nelayan dari Pulau Sapeken belum bisa hadir ke Kecamatan Kota," kata Khalili.

Ia berharap para nelayan penerima bantuan perangkat M-Fish itu memanfaatkan secara maksimal alat teknologi digital tersebut untuk mencari/menangkap ikan di laut.

"Sekali lagi, bantuan tersebut sebagai sarana atau fasilitas penunjang untuk mencari ikan. Jangan dipakai untuk kepentingan lain, apalagi sampai dijual. Manejemen PT XL Axiata akan memberikan bimbingan tentang tata cara penggunaan M-Fish sekaligus pendampingan kepada para nelayan penerima bantuan," ujarnya, menambahkan.

Sinergi PT XL Axiata dan DKP Sumenep dalam memberikan bantuan sarana digital M-Fish kepada para nelayan setempat itu merupakan bentuk implementasi dari nota kesepahaman perusahaan telekomunikasi tersebut dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 30 Agustus 2015.

Bantuan sarana digital M-Fish itu terdiri atas satu telepon genggam pintar dengan aplikasi M-Fish, satu alat pengisi baterai bertenaga surya, dan paket data sebesar 1 GB per bulan selama enam bulan.

"Aplikasi M-Fish memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, dan lokasi kerumunan ikan. Insya-Allah, bantuan tersebut akan sangat membantu para nelayan, jika benar-benar dimanfaatkan sebagaimana peruntukannya," kata Area Sales Manajer PT XL Axiata Madura, Abd Muids.

Ia juga mengemukakan, sebelumnya, PT XL Axiata telah menyerahkan bantuan sarana digital serupa kepada 110 nelayan di Pamekasan pada 23 Desember 2015. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016