Madiun (Antara Jatim) - Pemerinah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, berhasil meraih juara pertama dalam lomba pasar rakyat tingkat Provinsi Jawa Timur dalam rangka HUT ke-70 Provinsi Jatim tahun 2015, melalui Pasar Besar Madiun.
     
Piagam penghargaan atas kemenangan lomba tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim, Moch Ardi, kepada Kepala Dinas Pasar Kota Madiun, Gaguk Haryono, di Surabaya, baru-baru ini.
     
Kepala Dinas Pasar Kota Madiun, Gaguk Haryono, Rabu, di Madiun, mengatakan, pihaknya bersyukur dan bangga atas predikat juara terbaik pasar rakyat yang diraih oleh Pasar Besar Madiun. Pihaknya telah berhasil menyisihkan 37 kota/kabupaten di empat bakorwil se-Jawa Timur. 
    
"Kami berterima kasih dan bersyukur atas apa yang telah diraih. Apa yang dilakukan bersama antara dinas dengan pedagang selama ini diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur," ujar Gaguk kepada wartawan.
     
Menurut dia, Pasar Besar Madiun dinyatakan layak menjadi juara 1 atas sejumlah item penilaian. Di antaranya, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang pasar, mulai dari area parkir, kebersihan, memiliki eskalator, keragaman perlengkapan masyarakat, sanitasi, serta fasilitas "hydrant".
     
Ia menjelaskan, penghargaan tersebut baru pertama kali diraih Pemkot Madiun yang juga mewakili Bakorwil I meliputi Kota/Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Pacitan, Blitar, dan Nganjuk. 
     
Selain Kota Madiun, juara II lomba pasar rakyat tingkat Provinsi Jawa Timur diraih Pasar Mimbon Baru Kabupaten Situbondo yang mewakili Bakorwil III Malang meliputi Malang, Batu, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. 
     
Sementara juara III diraih pasar Kolpajung Kabupaten Pamekasan yang mewakili Bakorwil IV Pamekasan yang meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, dan Sidoarjo.
     
Ia menambahkan, atas pretasi tersebut, pihaknya berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkannya guna mendongkrak tingkat kunjungan masyarakat ke Pasar Besar Madiun. 
     
Selain Pasar Besar Madiun, Kota Madiun masih memiliki sejumlah pasar rakyat lainnya yang menjadi pusat perekonomian warga setempat. Di antaranya, Pasar Sleko, Pasar Sri Jaya, dan Pasar Kawak. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016