Tulungagung (Antara Jatim) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Tulungagung, Jawa Timur berharap penyaluran program beras untuk keluarga sejahtera (rastra) ke-13 bisa diselesaikan maksimal akhir Oktober.

"Jika sudah ada SPA (surat permintaan alokasi) dari pemerintah daerah, secepatnya rastra ke-13 kami salurkan dan diharapkan bisa selesai sebelum akhir Oktober," kata Kepala Bulog Subdivre Tulungagung, Supriyanto di Tulungagung, Rabu.

Ia menjelaskan, percepatan penyaluran rastra-13 sengaja dilakukan agar proses distribusi tidak "bertabrakan" dengan jadwal penyaluran rastra reguler bulan November.

Apalagi, lanjut dia, dalam periode yang sama pemerintah juga menginstruksikan kepada bulog untuk menyalurkan rastra-14.

"Untuk persediaan rastra bulog siap, bahkan stok kami cukup hingga Desember. Tinggal proses penyalurannya yang perlu dijadwalkan," ujarnya.

Selain mengatur manajemen distribusi, Supriyanto mengatakan Bulog saat ini intensif menyelesaikan distribusi rastra reguler untuk bulan Oktober.

Hasilnya, papar Supriyanto, hingga pekan pertama bulan Oktober Bulog telah berhasil menyalurkan 50 persen dari total alokasi rastra di wilayah kerja Bulog Subdivre Tulungagung sekitar 2.800 ton.

"Sisa alokasi akan kami selesaikan dalam sepekan ke depan," kata Supriyanto.

Setelah penyaluran rastra reguler rampung, ujarnya, kegiatan distribusi dilanjutkan untuk rastra-13.

Seluruh komponen beras dalam kemasan telah disiapkan manajemen bulog dan tinggal menunggu keluarnya SPA dari masing-masing kepala daerah, baik di Kabupaten Tulungagung, Blitar/Blitar kota, maupun Trenggalek. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015