Jember (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin sore, menetapkan dua pasangan calon kepala daerah yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang digelar pada 9 Desember 2015.

"Dua pasangan yang ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Jember yang memenuhi syarat dalam pilkada yakni pasangan Sugiarto-Dwi Koryanto dan Faida-A. Muqit Arief," kata Ketua KPU Jember, Ahmad Anis, usai melakukan penetapan di Kantor KPU Jember.

Surat Keputusan KPU Nomor: 375/ Kpts/ KPU-Kab-014.329713/2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember yang memenuhi syarat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2015 dibacakan oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Jember, M. Syaiin.

"Kedua pasangan calon itu telah lolos verifikasi berkas dan secara resmi ditetapkan sebagai Cabup dan Cawabup Jember 2015-2020," katanya.

Pengumuman penetapan tersebut sempat terlambat 1,5 jam karena pihak KPU Jember menghadiri undangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) terkait gelar kelengkapan dokumen berkas persyaratan pasangan calon kepala daerah.

"Ada sedikit permasalahan tentang proses validasi dan verifikasi yang dilakukan KPU terhadap berkas kedua pasangan calon karena perbedaan persepsi dan interpretasi yang berbeda, namun semuanya akhirnya dapat memiliki kesimpulan yang sama," paparnya.

Setelah ditetapkan dua pasangan cabup-cawabup yang menjadi peserta Pilkada Jember, KPU akan melakukan pengundian nomor urut dua pasangan calon kepala daerah setempat.

"Insyallah pengundian nomor urut akan digelar pada 26 Agustus 2015 di salah satu hotel Jember dan pasangan calon kepala daerah akan hadir dalam acara itu," kata Ketua KPU Jember yang akrab disapa Anis.

Selain membacakan SK Penetapan Calon Kepala Daerah, Polres Jember dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan SK pengawalan melekat kepada masing-masing cabup-cawabup melalui penghubung atau tim sukses masing-masing pasangan calon.

Dua pasangan calon kepala daerah yang sudah ditetapkan KPU Jember yakni pasangan Sugiarto (Sekretaris Kabupaten Jember) - Dwi Koryanto (Plt Direktur RSD dr Soebandi Jember) yang didukung enam partai politik dan pasangan Faida (Direktur RS Bina Sehat Jember) - Muqit Arief (Pengasuh Ponpes Al-Falah) yang didukung empat partai politik.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015