Program Ramah Lingkungan Penyembelihan Hewan Kurban

id Hewan Kurban, Program Ramah Lingkungan, Besek

Program Ramah Lingkungan Penyembelihan Hewan Kurban

Relawan menunjukkan besek berisi daging kurban di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/8/2019). Panitia pembagian daging kurban Masjid Al Akbar Surabaya membagikan daging kurban yang dikemas dalam besek bambu kepada sekitar 3.000 penerima sebagai upaya untuk meminimalisir penggunaan tas plastik (kresek). (Antara Jatim/Didik Suhartono)

Ini sebagai wujud ramah lingkungan
Surabaya (ANTARA) - Takmir Masjid Al Akbar Surabaya menggunakan besek dan daun jati untuk mengemas potongan daging yang akan dibagikan kepada yang berhak usai penyembelihan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1440 Hijriah.
 
"Ini sebagai wujud ramah lingkungan," ujar humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor ketika dikonfirmasi usai Shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya.
 
Selain ramah lingkungan, penggunaan besek sebagai wadah pengganti kantong plastik karena kemampuannya yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.
 
Celah-celah kecil yang ada pada besek membuat udara dapat keluar masuk. Hal Inilah yang kemudian membuat makanan yang ada di dalam besek menjadi tidak cepat basi.
 
Tak hanya besek, Masjid terbesar kedua di Indonesia ini juga sudah menyiapkan program ramah lingkungan lainnya, yakni kotoran hewan yang diolah menjadi kompos, jeroan dicuci dan dimasak setengah matang kemudian dibagikan serta memastikan tak ada limbah dibuang ke selokan atau sungai.(*)
 

Video : Naufal Ammar
Foto   : Didik Suhartono 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar