Jenazah Wisatawan Terseret Ombak Pantai Payangan Jember Ditemukan (Video)

id basarnas jember,korban ditemukan,pantai payangan jember,wisatawan hilang

Jenazah Wisatawan Terseret Ombak Pantai Payangan Jember Ditemukan (Video)

Tim SAR gabungan membawa jenazah korban yang ditemukan di sekitar tempat kejadian musibah di Pantai Payangan Jember, Selasa (12/2/2019). (Foto Basarnas Jember)

Saya bersyukur kepada Allah SWT, karena anak saya sudah ditemukan, meskipun dalam keadaan tidak bernyawa,
Jember (Antaranews Jatim) - Tim SAR gabungan menemukan tubuh korban yang terseret ombak di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur atas nama Ahmad Hasanudin Maskur (25) dalam keadaan mengapung dan dipastikan meninggal dunia di sekitar perairan Pantai Payangan, Selasa sore.

"Saat akan melakukan pencarian tahap kedua, ada informasi dari warga yang melihat ada sesuatu yang mengambang tidak jauh dari tempat kejadian musibah, sehingga kami menelusuri informasi tersebut dengan menggunakan perahu jukung," kata Koordinator Pos Basarnas Jember Asnawi Suroso melalui Komandan Operasi SAR Payangan Wahyu Setya Budi di Pantai Payangan Jember.

Berdasarkan informasi itu, Tim SAR gabungan yang berasal dari Basarnas Jember, SAR Rimba Laut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, BPBD Jombang, SAR Organisasi Pecinta Alam, Polairud Jember, RAPI Jember, dan potensi SAR lainnya mengecek kebenaran informasi tersebut.

"Lokasi ditemukannya korban berada sekitar satu mil dari lokasi hilangnya korban dan segera dievakuasi ke tepi pantai, kemudian kami memastikan bahwa korban tersebut adalah Ahmad Hasanudin Maskur dan berdasarkan ciri-cirinya memang benar korban itu adalah guru honorer SMKN 3 Jombang yang hilang," katanya.

Ia mengatakan proses operasi SAR pencarian wisatawan yang hilang di Pantai Payangan dinyatakan selesai karena korban sudah ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di sekitar perairan Pantai Payangan, sehingga masing-masing instansi yang terlibat operasi SAR kembali ke markas masing-masing.

Baca juga: Dua Wisatawan asal Jombang Tewas dan Satu Hilang Terseret Ombak Pantai Payangan Jember (Video)
Baca juga: Wisatawan Terseret Ombak Pantai Payangan Jember Belum Ditemukan


Ayah korban, M. Rifai, mengaku sudah tiga hari datang ke Kabupaten Jember untuk memantau proses pencarian anaknya yang terseret ombak Pantai Payangan pada Minggu (10/2) dan selalu berdoa agar anaknya segera ditemukan.

"Saya bersyukur kepada Allah SWT, karena anak saya sudah ditemukan, meskipun dalam keadaan tidak bernyawa," katanya dengan didampingi istrinya, Umi Maslaha, saat mengurus jenazah anaknya di Puskesmas Ambulu.

Ia mengatakan seluruh keluarga, kerabat, dan temannya juga melakukan doa bersama dan istigasah di Kabupaten Jombang dengan harapan bisa segera ditemukan dalam kondisi apapun.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak Tim SAR gabungan yang membantu menemukan jenazah Hasan dan kami akan segera membawa pulang ke rumah duka di Kabupaten Jombang untuk segera dimakamkan," katanya.

Sebanyak empat wisatawan asal Kabupaten Jombang terseret ombak saat berwisata di Pantai Payangan Kabupaten Jember pada Minggu (10/2), namun tim SAR Rimba laut bersama nelayan setempat berhasil menyelamatkan satu korban yang masih hidup dan dua korban dalam keadaan meninggal dunia, serta satu korban dinyatakan hilang.

Sebanyak dua korban yang meninggal adalah Zakiya Nurwaningsih (34) dan Yuda Mahadika (30), yang berprofesi sebagai guru, sedangkan korban yang selamat, yakni Yanik Susanti (36), dan korban hilang terseret ombak atas nama Ahmad Hasanudin. (*)

Video Oleh Zumrotun Solichah
 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar