Realisasi Arus Mudik dan Balik Pelindo III Capai 272.024 Orang

id Pelindo III, Arus Mudik dan Balik, Mudik di Perak

Realisasi Arus Mudik dan Balik Pelindo III Capai 272.024 Orang

Sejumlah penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6). Antara Jatim/Moch Asim/zk/18

saat ini penumpang yang memanfaat arus balik di wilayah Pelindo III dengan menggunakan kapal laut sudah berangsur kembali?ke daerah tujuan.
Surabaya (Antaranews Jatim) - Realisasi arus mudik dan balik di Pelindo III yang mengelola pelabuhan di tujuh provinsi periode H-15 hingga?H+5 Lebaran 2018 tercatat sebanyak 272.024 orang dengan total jumlah kapal sebanyak 454 kapal.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Lia Indi Agustiana, Minggu, di Surabaya mengatakan saat ini penumpang yang memanfaat arus balik di wilayah Pelindo III dengan menggunakan kapal laut sudah berangsur kembali?ke daerah tujuan.

Ia mengatakan, puncak arus balik pemudik Lebaran 2018 ini yang menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diperkirakan terjadi H+15 sedangkan yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada H+10.

"Hingga kini, layanan operasional Pelindo III tetap prima, dan tetap kami mengutamakan kebutuhan serta kenyamanan pemudik," katanya.

Ia mengatakan, pada Lebaran (H+1) sampai dengan H+5, Pelindo III mencatat ada?sebanyak 28.698 orang yang melakukan aktivitas balik Lebaran 2018, dengan rincian melalui Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 9.466 orang, Tanjung Emas sebanyak 5.446 orang.

Sedangkan untuk wilayah Nusa Tenggara, yaitu Pelabuhan Tenau Kupang sebanyak 4.848 orang serta wilayah Kalimantan melalui Pelabuhan Kumai sebanyak 1.045 orang dan Banjarmasin sebanyak 2.586 orang.

"Untuk jumlah kapal laut (H+1 hingga H+5) yang melalui Pelabuhan di Pelindo III tercatat sebanyak 52 kapal," tuturnya.

Untuk periode H-14 hingga H-1, secara umum pada pelabuhan di tujuh provinsi kawasan operasi Pelindo III menunjukkan data realisasi arus mudik tercatat masing-masing di Pelabuhan Tanjung Perak di Jawa Timur sebanyak 98 kapal.

Kemudian di Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah dengan 24 kapal, Banjarmasin dan Kotabaru Kalimantan Selatan dengan 30 dan 23 kapal, dan Maumere di Nusa Tenggara Timur dengan 7 kapal.

"Kami terus berkomitmen dalam melayani masyarakat melalui program mudik gratis yang aman dan nyaman sampai ke terminal kota tujuan," katanya.

Lia berharap, tahun depan dapat menambah kuota layanan mudik gratis bagi para pemudik dengan kapal laut, karena banyaknya aspirasi dari para pemudik yang telah menikmati program mudik BUMN tahun 2018 bersama Pelindo III.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar