Kapolda Jatim-Pangdam Cek Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran di Surabaya

id Polda jatim, kodam v brawijaya, machfud arifin, arif rahman, pos pengamanan surabaya

Kapolda Jatim-Pangdam Cek Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran di Surabaya

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin (tengah) dan Pangdam V/Brawijaya (kiri) saat mengecek kesiapan pos pengamanan Lebaran di Surabaya, Kamis malam. (Willy Irawan)

Sudah saya perintahkan kepada jajaran untuk melakukan penertiban kepada petasan. Beberapa hari lalu ada orang luka di Madura akibat petasan
Surabaya (Antaranews Jatim) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kamis malam, mengecek pos pengamanan yang ada di wilayah Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan selain mengecek pos pam yang ada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo, pihaknya juga memberikan tali asih kepada anggota kepolisian yang melakukan aktivitas di pos pengamanan.

"Siapa tahu ada takbiran keliling yang perlu pemantauan, perlu pengamanan bagi masyarakat," katanya.

Machfud telah mengimbau agar masyakarat melakukan takbiran di masjid bukan di jalan. Meski telah mengimbau, dia menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pengamanan jika ada masyarakat yang melakukan takbiran keliling di kota Surabaya.

Sementara untuk petasan, Kapolda menegaskan pihaknya akan melakukan penertiban apalagi terhadap petasan yang menimbulkan ledakan keras.

Untuk petasan yang menimbulkan ledakan yang keras, pihak kepolisian akan mencari cari sumber itu. Tapi kalau sekedar petasan yang ringan-ringan mungkin tidak terlalu masalah.

"Sudah saya perintahkan kepada jajaran untuk melakukan penertiban kepada petasan. Beberapa hari lalu ada orang luka di Madura akibat petasan," ucapnya.

Ditanya terkait arus mudik di wilayah Jatim, dia menjelaskan kegiatan itu relatif lancar. Menurutnya, kelancaran pada arus mudik kali ini karena adanya jalan tol yang belum sempurna tapi bersifat fungsional yang digunakan

"Itu (jalan tol) sangat membantu. Seperti di Mengkreng yang saat ini tidak terlalu berat. Di Taman Dayu, Pasuruan juga begitu," katanya.

Dia menilai yang perlu diwaspadai dan diantisipasi itu adalah di tempat-tempat wisata pada hari setelah Lebaran.(*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar