Pelindo III Kenalkan Aplikasi "Home Terminal" di Singapura

id Pelindo III, Aplikasi Home Terminal,TOC Asia

Pelindo III Kenalkan Aplikasi

Ajang TOC Asia di Singapore Maritime Week, Marina Bay Sands, Singapura (ist)

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kami berinovasi menciptakan Aplikasi Home Terminal: Port Solution in 1 Touch yang secara resmi diluncurkan Februari lalu di Jakarta
Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengenalkan aplikasi gawai "Home Terminal" yang dibuat untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan di ajang internasional TOC Asia di Singapura.

Commercial & Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal yang menjadi salah satu narasumber di ajang itu, Rabu, mengakui sengaja mengenalkan aplikasi tersebut untuk mengatasi banyaknya permasalahan di pelabuhan, mulai dari kemacetan lalu lintas, antrean di pusat pelayanan hingga biaya yang tidak transparan.

"Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kami berinovasi menciptakan Aplikasi Home Terminal: Port Solution in 1 Touch yang secara resmi diluncurkan Februari lalu di Jakarta," kata Iqbal, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya.

Ia mengatakan, pelayanan kepelabuhanan di era sekarang harus mudah, cepat dan transparan sesuai dengan yang diterapkan dalam aplikasi tersebut, yang mempunyai layanan empat fitur dengan sistem operasi terminal (TOS).

"Layanan yang kami tawarkan mulai dari vessel service, port activities, logistics, dan container management. Keempat fitur tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time online melalui gawai," katanya.

Ia mengklaim, aplikasi itu pertama di Indonesia dengan manfaat berupa efisiensi karena pengurangan biaya operasional yang ditetapkan secara transparan.

Sementara itu, ajang TOC Asia berlangsung di Singapore Maritime Week, Marina Bay Sands, Singapura dari Selasa (24/4) hingga Rabu (25/4). Dan merupakan ajang bergengsi yang berjalan sejak tahun 1995 untuk dunia pelayaran, pelabuhan dan terminal.

Pada ajang itu, juga mempertemukan Shippers, Logistics Providers, Shipping Lines, 3PLs, Port Authorities, Terminal Operators serta menyajikan perkembangan teknologi terbaru.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar