Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memasang sejumlah alat peraga kampanye dari wilayah perkotaan sampai dengan ke wilayah pedesaan untuk mengenalkan calon kepala daerah ke masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Fauzah Adim di Sidoarjo, Jumat mengatakan alat peraga yang dipasang tersebut sebanyak lima buah masing-masing pasangan calon di tingkat kabupaten.

"Kemudian ada 10 buah spanduk di pasang di kecamatan untuk masing-masing pasangan calon dan juga 20 umbul-umbul yang dipasang per desa per pasangan calon," katanya.

Ia mengatakan, langkah ini guna meningkatkan pemahaman sekaligus partisipasi masyarakat pada pemilihan bupati dan wakil bupati Sidoarjo yang dihelat 27 November.

"APK yang dalam sepekan terakhir semarak dipasang di sudut-sudut wilayah perkotaan dan pedesaan ini, bergambar pasangan Subandi-Mimik Idayana, dan Achmad Amir Aslichin-Edy Widodo," katanya.

Ia mengatakan, pemasangan alat peraga kampanye tersebut merupakan bagian dari program sosialisasi pengenalan pasangan calon kepada masyarakat.

"Tentang pembuatan dan pemasangan sarana APK sesuai dengan Keputusan KPU No 1363 tahun 2024 tentang kampanye," ujarnya.

Mengingat semakin dekatnya jadwal pelaksanaan pemilihan kepala daerah, kata dia, pihaknya berharap pemasangan berbagai APK itu bisa tuntas pada bulan ini.

"Untuk itu kami imbau kepada seluruh warga Sidoarjo untuk selain ikut memonitor keberadaan APK itu, yang tak kalah penting adalah segera melaporkan kepada KPU atau aparat desa setempat bila terjadi kesalahan pemasangan. Tak kalah pentingnya bila ditemukan ada kerusakan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024