Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendorong perpustakaan sekolah untuk mengembangkan inovasi digital untuk meningkatkan literasi di kalangan siswa.

"Perpustakaan perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk menjawab tantangan di era digital. Dengan inovasi digital, perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran yang dinamis sesuai dengan kebutuhan zaman yang serba cepat dan digital ini," katanya dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Jumat.

Khofifah menuturkan saat ini perpustakaan tidak hanya menjadi tempat penyimpanan buku fisik tetapi harus menjadi pusat pembelajaran digital.

Hal ini termasuk pengembangan perpustakaan digital yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat mengakses koleksi e-book, jurnal, dan materi pembelajaran lainnya secara online sehingga memperluas cakrawala pengetahuan sekaligus menghubungkan mereka dengan berbagai sumber daya di seluruh dunia

"Inovasi digital di perpustakaan memudahkan siswa untuk mengakses sumber informasi global," katanya.

Menurutnya, literasi digital harus menjadi bagian dari pendidikan modern dan perpustakaan bisa menjadi salah satu fasilitas bagi siswa untuk menggunakan teknologi secara cerdas dan bijak.

Salah satunya, perpustakaan bisa memanfaatkan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk menciptakan pengalaman membaca dan belajar yang lebih interaktif dan menarik.

Menurutnya, perpustakaan berbasis digital membuat siswa mampu mengakses buku dan materi pembelajarantanpa terbatas oleh waktu dan tempat.

"Kita harus terus berinovasi bagaimana membuat perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan, jangan sampai siswa merasa perpustakaan tempat yang membosankan," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024