Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur menetapkan isu lingkungan dan pariwisata menjadi tema pada debat publik pertama calon wali kota dan wakil wali kota setempat yang diselenggarakan pada 21 Oktober 2024. 

"Debat pertama untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dilaksanakan pada 21 Oktober, untuk temanya lingkungan sama pariwisata," kata Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto di Kota Batu, Rabu.

Heru menjelaskan pada debat pertama yang diselenggarakan awal pekan depan melibatkan lima orang panelis dengan latar belakang akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat.

"Kami sudah menentukan panelisnya tetapi sekarang masih terus digodok konsepnya agar lebih matang," ujarnya.

KPU Kota Batu pun sudah mempersiapkan teknis pelaksanaan debat bagi para kontestan Pilkada 2024 dengan melakukan pengaturan pada jumlah relawan maupun simpatisan yang diperkenankan masuk ke ruangan untuk menyaksikan tahapan secara langsung.

Sedangkan untuk mekanisme pengamanan di luar ruangan debat juga sudah dikoordinasikan bersama petugas kepolisian.

"Ada 50 orang simpatisan, kami hanya mengatur yang di dalam. Kalau yang di luar itu penanganannya kepolisian, kami sudah berkoordinasi soal itu," ujarnya.

Selain itu, Heru menyebut untuk debat publik sesi kedua diselenggarakan tanggal 6 Oktober 2024. Kemudian debat ketiga dilaksanakan pada 23 November 2024.

Tema dan penempatannya masih dalam tahap pembahasan, tetapi secara garis besarnya mengangkat seputar kesejahteraan masyarakat di Kota Batu.

"Macam-macam ada masalah pertanian, perlindungan anak, dan lain-lain. Untuk panelisnya sama dengan debat pertama, yakni lima orang dari latar belakang profesional, akademisi, dan tokoh masyarakat," kata dia.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024