Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) olahan tahu asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mampu menembus pasar ekspor, yang salah satunya adalah mendapatkan suntikan dana hibah Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jatim.

Salah satu pengusaha olahan tahu asal Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Mohammad Sodiq di Kediri , Selasa mengatakan, ia mempunyai usaha tahu dan olahannya yang dirintis sejak 14 tahun lalu. Selama itu, usahanya berjalan baik, hingga dirinya dapat dana CSR.

"Saya dapat hibah CSR. Pemberian dana hibah yang bersifat stimulus tersebut sangat membantu dalam pengembangan usaha," katanya.

Ia menambahkan mendapatkan dana hibah Rp10 juta dari dana CSR tersebut. Dana itu digunakan untuk membeli alat pengolahan produk tahu kuning, tahu putih, tahu bulat, stik tahu, hingga alat pengemas produk.

"Saya baru pertama memperoleh bantuan senilai Rp10 juta yang saya gunakan untuk pembelian alat," kata dia.

Sodiq juga mengaku usahanya terus berkembang hingga kini. Bahkan, untuk produk olahan khususnya tahu kuning miliknya telah berhasil menembus pasar internasional. Bahkan, produk tahu kuning kini menjadi produk olahan favorit di pasar.

"Alhamdulillah produk tahu kuning itu kami ekspor ke Hong Kong," kata Sodiq.

Sementara itu, Istri calon Bupati Kediri nomor urut 02 Eriani Annisa Hanindhito mengaku dalam periode pertama suaminya menjabat sebagai Bupati Kediri, telah memberikan perhatian yang lebih untuk UMKM Kabupaten Kediri.

Ia menjelaskan, program tidak hanya berbentuk bantuan alat, namun juga memberikan berbagai program baik sosialisasi maupun pelatihan untuk meningkatkan pembekalan di sektor UMKM.

"Apa yang dijalankan Mas Dhito (Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana) dan Mbak Dewi (calon Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa) semata hanya untuk menjalankan mandat, menjalankan tugas, hanya untuk satu tujuan yaitu menjadikan warga kabupaten Kediri lebih sejahtera," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kegigihan para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, termasuk kesediaannya mengikuti paguyuban UMKM yang merupakan mitra pemerintah.

Eriani Annisa Hanindhito terjun ke bawah menyapa ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Pertemuan tersebut digelar dalam rangka memperkuat visi misi pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Hanindhito Himawan Pramana - Dewi Mariya Ulfa dalam mengusung program berkelanjutan.

Adapun dari 17 program yang diusung salah satunya terkait pengembangan UMKM.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024