Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur mempersiapkan langkah antisipasi adanya kerusakan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akibat faktor cuaca seperti terkena hujan saat melakukan distribusi ke 302 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah tersebut.

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwantoro di Kota Batu, Senin, mengatakan pola yang dilakukan adalah, secara rutin melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui perkembangan cuaca terkini di wilayah setempat.

"Kami memastikan dalam kondisi apapun harus tetap mengirimkan logistik, makanya persiapan dilakukan dengan berkoordinasi bersama BMKG, minimal kami bisa memprakirakan cuaca," kata Heru.

Faktor cuaca, kata dia merupakan kerawanan yang muncul ketika proses pengiriman logistik, sehingga penerapan mekanisme harus dilakukan secara aman.

KPU Kota Batu kini pun sudah menyiapkan armada tertutup yang nantinya digunakan untuk mengirim seluruh logistik pilkada.

Dia menyatakan pendistribusian perlengkapan kebutuhan pemungutan suara akan dilakukan pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara, atau pada 26 November 2024.

"Kami upayakan agar distribusi ini tepat jumlah, jenis, dan waktu," ucapnya.

Saat ini, logistik yang sudah diterima oleh KPU setempat berupa 610 kotak suara, 604 botol tinta, 1.208 bilik suara, 3.624 kabel ties, dan 15.032 segel.

Heru menyatakan bahwa keseluruhan jumlah itu telah sesuai kebutuhan untuk pilkada. Sedangkan surat suara baru akan diterima pada 30 Oktober 2024.

"Logistik kecuali surat suara sudah disimpan di gudang kami," ucapnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kendala yang muncul karena cuaca hujan, dia meminta agar nantinya TPS bisa ditempatkan di bangunan permanen.

"Kalaupun harus menggunakan tenda, maka dipastikan dulu pelapisnya seperti apa. Kemudian ada plan A dan B, misalnya hujan deras disertai angin dan langkah yang diambil seperti apa, agar proses pemungutan suara bisa tetap lancar," ucap dia.

Diketahui jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 di Kota Batu sebanyak 166.942 orang, terdiri dari 82.775 pemilih pria dan 84.167 lainnya merupakan perempuan.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi urut 2, dan Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Sebagai informasi, masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024