Sebanyak enam kelurahan di Kota Madiun  meraih penghargaan program Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) Tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Agni Mahardhika dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun, Kamis, mengatakan, dari enam kelurahan tersebut tiga di antaranya meraih penghargaan tingkat pratama, satu kelurahan tingkat madya, dan dua kelurahan mendapat penghargaan tingkat mandiri.

"Capaian ini cukup membanggakan, sebab selain mendapat penghargaan di tiga tingkat tersebut, satu kelurahan di Kota Madiun juga berhasil masuk kategori 10 besar terbaik," ujarnya.

Ia merinci, enam kelurahan tersebut masing-masing penghargaan Kelurahan Berseri tingkat pratama diraih Kelurahan Kanigoro, Mojorejo, dan Patihan. Untuk tingkat madya diraih Kelurahan Nambangan Lor, sedangkan tingkat mandiri diraih Kelurahan Taman dan Rejomulyo.

"Selain itu, Kelurahan Nambangan Lor juga masuk 10 besar kelurahan terbaik Berseri dan berhak membawa pulang kendaraan roda tiga dari Pemprov Jatim," kata dia.

Lebih lanjut ia berharap penghargaan itu memotivasi kelurahan lain untuk bisa maju mengikuti program Kelurahan Berseri.

"Dampaknya bukan cuma kota dapat penghargaan, lebih dari itu penghargaan bisa memotivasi kelurahan lain untuk ikut serta dalam program bersih dan lestari di lingkungan masing-masing," katanya.

Saat ini di Kota Madiun ada 11 kelurahan yang sudah ikut program Kelurahan Berseri. Dia berharap ke depan seluruh kelurahan di Kota Madiun bisa berpartisipasi dalam program tersebut.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024