Tim internal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Jawa Timur nomor urut 1 Nurochman-Heli Suyanto menemukan tujuh alat peraga kampanye (APK) berbentuk banner yang terpasang di dua wilayah diduga dirusak orang tak dikenal.

Tim Media pasangan Nurochman-Heli Suyanto, Rizky Dwi Putra di Kota Batu, Kamis, mengatakan laporan dugaan perusakan APK diterima sejak tiga hari lalu dari para relawan pasangan nomor urut 1 itu.

"Kami menerima kabar perusakan APK totanya tujuh alat peraga kemarin sama dua hari yang lalu, ada di daerah Tlekung, Kecamatan Junrejo dan di Kecamatan Batu," kata Rizky.

Berdasarkan keterangan dan foto dari relawan, kata dia, APK yang terpasang di tepi jalan itu dirusak dengan cara dirobek, dibakar, hingga dibuang ke selokan.

"Kalau yang robek bukan karena terkena angin tetapi memang dirobek, kan kalau kerusakannya karena faktor alam bisa kelihatan. Indikasinya dilakukan malam hari," ujarnya.

Rizki menuturkan pascakejadian itu, saat ini seluruh relawan mengintensifkan pengawasan guna mencegah munculnya kejadian serupa. Pihak juga menyayangkan dugaan perusakan itu.

"Relawan kami di Batu ada di semua sisi dan menyebarkan informasi lewat grup Whatsapp supaya cepat tersampaikan," kata dia.

Pihaknya pun kini sedang menyusun laporan dugaan aksi perusakan dan dalam waktu dekat akan diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batu.

"Secara resmi belum menyerahkan, kami masih mengumpulkan beberapa bukti dari beberapa tempat lainnya," tuturnya.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi urut 2, Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Sebagai informasi, masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024