Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Tata Letak Posisi dan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi 2024, Senin.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi Samsu Mustakim mengatakan bahwa pengundian tata letak posisi nomor urut paslon pada surat suara dilakukan karena Pilkada Ngawi 2024 hanya diikuti oleh satu pasangan calon atau calon tunggal.

"Dari hasil pengundian, pasangan tunggal yang juga pasangan petahana ini mendapat nomor urut 1 yang letaknya di sebelah kiri pemilih. Meski melawan kotak kosong, nanti di surat suara akan tertera nomor urut, dimana nomor 1 gambar pasangan calon dan nomor 2 kotak kosong," ujar Samsu Mustakim kepada wartawan.

Posisi letak tersebut kemudian menjadi penetapan dalam pleno dan juga telah disetujui lima anggota KPU Kabupaten Ngawi. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara Hasil Pleno Terbuka Pengundian Tata Letak Posisi dan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi 2024.

Samsu menambahkan setelah pengundian tata letak dan nomor urut, KPU Ngawi menggelar deklarasi kampanye pilkada damai pada tanggal 24 September menjelang pelaksanaan kampanye Pilkada Ngawi 2024 yang berlangsung dari tanggal 25 September hingga 23 November.

Sementara, Calon Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko mengatakan pengundian tata letak dan nomor urut akan mempermudah timnya dalam melakukan sosialisasi dan kampanye ke masyarakat.

"Meski melawan kotak kosong, kami tetap melakukan kampanye dan sosialisasi ke warga Ngawi. Insya-Allah optimistis menang," kata Antok, panggilan akrabnya.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada Ngawi 2024 dari tahap awal hingga perpanjangan masa pendaftaran, hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftar.

Sehingga dipastikan pelaksanaan Pilkada Ngawi Tahun 2024 hanya ada satu pasangan calon atau calon tunggal yang ditetapkan KPU setempat sebagai peserta. Yakni pasangan calon Bupati Ngawi dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono--Dwi Rianto Jatmiko.

Pasangan tunggal petahana tersebut diusung semua parpol yang ada di Kabupaten Ngawi, di antaranya PDIP, Demokrat, NasDem, Gerindra, PKB, PKS, PSI, Hanura, dan Golkar.

Pasangan Ony Anwar Harsono - Dwi Rianto Jatmiko untuk kedua kalinya melawan kotak kosong dalam Pilkada Ngawi, yakni sebelumnya di gelaran Pilkada Ngawi 2020.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024