Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin, menjadwalkan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati setelah sebelumnya telah ditetapkan dua pasangan calon peserta Pilkada 2024 .

Sehari sebelumnya, KPU setempat telah menetapkan pasangan K.H. Abdul Hamid Wahid (Ra Hamid) - K.H. As'ad Yasin Safi'i (Ra As'ad) dan Bambang Soekwanto - Moh Baqir (Gus Baqir) ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati setelah dokumen syarat calon dan syarat pencalonan telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

"Kemarin dua pasangan calon sudah ditetapkan, dan pada hari ini kami dari KPU telah menjadwalkan pengundian nomor urut pasangan calon," kata Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Sudaedi saat dihubungi di Bondowoso, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: KPU Bondowoso: Dua bakal paslon Pilkada 2024 lolos tes kesehatan

Menurut dia, setelah melakukan pengundian nomor urut dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Ra Hamid - Ra As'ad dan Bambang Soekwanto - Gus Baqir, KPU akan menggelar deklarasi kampanye damai bersama dengan kedua pasangan calon dan pemangku kepentingan lainnya untuk menyamakan persepsi dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Pada hari berikutnya, insya-Allah tanggal 24 September 2024 akan digelar deklarasi kampanye damai," kata Sudaedi.

Pasangan calon Ra Hamid dan calon wakil bupati Ra As'ad diusung dan didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar (Golongan Karya), Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Sementara pasangan calon Bambang Soekwanto - Gus Baqir diusung dan didukung PPP (Partai Persatuan Pembangunan), PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Partai Demokrat, PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PAN, Partai Umat, Hanura,PBB dan Garuda.

KPU Kabupaten Bondowoso juga telah menetapkan daftar pemilih tetap atau DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso 2024 sebanyak 601.133 orang pemilih.

Dari jumlah daftar pemilih tetap itu, 290.862 orang adalah pemilih laki-laki dan 310.271 orang di antaranya merupakan pemilih perempuan.

Sebanyak 601.133 DPT pilkada itu tersebar di 1.202 tempat pemungutan suara atau TPS di 219 desa/kelurahan dan 23 kecamatan di Kabupaten Bondowoso.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024