Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menyatakan bahwa dua bakal pasangan calon (paslon) peserta Pilkada 2024, yakni pasangan K.H. Abdul Hamid Wahid (Ra Hamid) - K.H. As'ad Yasin Safi'i (Ra As'ad) dan Bambang Soekwanto - Moh Baqir (Gus Baqir) dinyatakan lolos tes kesehatan.

Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Sudaedi mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap dua bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Bondosowo Ra Hamid-Gus As'ad dan Bambang-Gus Baqir oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSD) dr Soebandi dinyatakan mampu dan tidak terindikasi

"Hasil pemeriksaan kesehatan kedua bakal pasangan calon tersebut sudah kami terima, dan sebelum kami umumkan pada hari ini kami masih melaksanakan rapat pleno," katanya saat dihubungi di Bondowoso, Rabu.

Pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu syarat pencalonan pemilihan kepala daerah serentak 2024 ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSD) dr. Soebandi Jember sejak 29 Agustus hingga 1 September 2024.
 
Bakal calon Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto usai menjalani pemeriksaan kesehatan
di RSD dr. Soebandi Jember, pekan lalu. ANTARA/HO-KPU Bondowoso


Bakal pasangan calon kepala daerah Ra Hamid-Gus As'ad dan Bambang-Gus Baqir menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan jasmani dan bebas narkoba pada 29 Agustus 2024, dan 31 Agustus hingga 1 September 2024 menjalani pemeriksaan kesehatan rohani.

Selanjutnya, kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan itu disatukan degan dokumen pencalonan lainnya dan KPU setempat akan mengunggah ke Sistem Informasi Pencalonan atau Silon Pilkada Serentak 2024.

Pasangan bakal calon K.H. Abdul Hamid Wahid (Ra Hamid)-K.H. As'ad Yasin Safi'i (Ra As'ad) Bambang Soekwanto dan Gus Baqir mendaftar ke KPU di di hari yang sama, yakni pada Rabu (28/8).
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024