Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memastikan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal calon bupati dan bakal calon bupati pada tanggal 6 September mendatang.

Anggota KPU Kabupaten Banyuwangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Enot Sugiarto mengemukakan bahwa tahapan tes kesehatan dua bakal pasangan calon bupati dan bakal calon wakil bupati Ipuk Fiestiadani-Mujiono dan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki)-Ali Ruchi sudah berlangsung pada 30-31 Agustus.

"Tahapan pemeriksaan kesehatan sudah selesai, pasangan calon Ipuk Fiestiadani-Mujiono dan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki)-Ali Ruchi sudah menjalani tes kesehatan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang," katanya saat dihubungi di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Menurut Enot, kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati itu menjalani pemeriksaan kesehatan karena sudah menjadi ketentuan salah satu syarat pencalonan pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Hasil pemeriksaan kesehatan dua pasangan bakal cabup-cawabup Ipuk-Mujiono dan Gus Makki-Ali Ruchi, lanjut ia, diperkirakan akan diterima KPU pada tanggal 4 September 2024.

"Setelah kami menerima hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing pasangan bakal calon, pada 6 September kami umumkan," ucap Enot.

Baca juga: KPU Banyuwangi terima dua pasangan calon di hari kedua pendaftaran

Ia menambahkan, sampai dengan saat ini KPU setempat juga melakukan verifikasi berkas atau dokumen syarat pencalonan dan dokumen syarat calon dua bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati tersebut.

"Pemeriksaan berkas hari ini masih berlangsung, dan pada 22 September 2024 kami umumkan penetapan calon bupati dan calon wakil bupati," kata
Enot.

KPU Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menerima pendaftaran dua bakal calon bupati dan wakil bupati pada hari kedua tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, diantaranya pasangan petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono.

Pasangan bakal calon petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono menjadi peserta kontestasi pilkada pertama mendaftar diri pada hari kedua pendaftaran Pilkada Serentak 2024 yang dibuka sejak Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8).

Ada sebanyak 16 partai politik pengusung dan pendukung bakal calon bupati dan wakil bupati petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem, PPP, PKS, Hanura, PAN, Garuda, Perindo, Ummat, Gelora, PSI, PKN, dan Partai Buruh.

Kemudian, pada hari yang sama pasangan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki) dan Ali Ruchi yang juga mendaftarkan diri ke KPU setempat sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati.

Bakal calon bupati dan wakil bupati Gus Makki dan Ali Ruchi mengikuti kontestasi Pilkada 2024 didukung dan diusung dua partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang atau PBB.
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024