Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menerima berkas dari PDI Perjuangan dan Partai Hanura terkait pencalonan kepala daerah Jawa Timur, Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), Kamis malam.

Diketahui, pasangan itu hanya diusung dua partai politik karena Partai Ummat yang sebelunya menyatakan mendukung, membatalkan dukungan tersebut. Kendati demikian KPU Jatim memastikan jika berkas bakal pasangan calon dinyatakan lengkap.

"Dokumen PDI Perjuangan dan Hanura terkait pencalonan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur lengkap dan diterima KPU," kata Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, di Kantor KPU Jatim, Surabaya.

Setelah tahapan pendaftaran tersebut, lanjut Aang, Risma dan Gus Hans diwajibkan menjalani tes kesehatan di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo. Tes tersebut rencananya akan dilakukan mulai Sabtu (31/8/2024).

"Berdasarkan ketentuan KPU, paslon yang mendaftar dan berkasnya lengkap akan kami jadwalkan pemeriksaan kesehatan Sabtu pukul 07.00 WIB," kata Aang.

Nantinya, pemeriksaan akan digelar selama dua hari. Pada hari pertama pasangan calon akan menjalani tes fisik secara menyeluruh. Sementara hari kedua menjalani tes psikologi.

"Hari pertama kesehatan fisik. Hari kedua psikologi," terang Aang.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan, Said Abdullah menyatakan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari KPU Jatim

"Terima kasih sambutannya luar biasa. Setiap proses saya yakin KPU berbuat terbaik bagi semua kontestan.

Said  meyakini, KPU dan Bawaslu Jatim mengawal proses Pilkada tersebut untuk memastikan agar berjalan lancar, netral dan melayani semua pihak.

"Kalau saya salah mohon ditegur, kalau yang lain salah lakukan hal yang sama. Mohon kami diperlakukan yang adil," pungkasnya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024