Kepolisian Resor (Polres) Sumenep menyiagakan 250 personel untuk mengamankan proses pendaftaran pasangan bakal calon bupati-wakil bupati di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis.

"Sesuai hasil koordinasi dengan KPU Sumenep, ada dua pasangan calon (paslon) yang akan mendaftar pada Kamis ini. Kami siapkan ratusan personel untuk pengamanan kegiatan tersebut," kata Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti di Sumenep, Kamis.

Dua paslon yang akan mendaftar ke KPU Sumenep itu adalah Achmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim dan Ali Fikri-Moh Unais Ali Hisyam.

Pasangan Fauzi-Kiai Imam mendapat rekomendasi pencalonan dari banyak partai politik (parpol), diantaranya PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Sementara pasangan Fikri-Unais mengantongi rekomendasi pencalonan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Rencananya, pasangan Fauzi-Kiai Imam akan melakukan doa bersama lebih dulu di kawasan pemakaman Raja Sumenep, Asta Tinggi, sebelum ke Kantor KPU setempat pada pukul 10.00 WIB.

Sementara pasangan Fikri-Unais akan berangkat ke Kantor KPU pada pukul 14.00 WIB dari kawasan Masjid Agung Sumenep.

"Pengamanan yang kami lakukan itu dari titik kumpul pemberangkatan masing-masing paslon hingga dan selama berada di Kantor KPU Sumenep," kata Widiarti.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024 dari KPU RI, pada Kamis ini adalah hari terakhir masa pendaftaran paslon di masing-masing KPU di daerah.

Di KPU Sumenep, pada dua hari pertama masa pendaftaran paslon, yakni Selasa (27/8) dan Rabu (28/8), belum ada satu pun paslon yang mendaftar.

Widiarti berharap para pendukung paslon yang ikut mengantarkan kandidatnya ke Kantor KPU Sumenep bisa tertib agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Pilkada Serentak 2024 termasuk Pilkada Sumenep 2024 akan dilaksanakan pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024