Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur menjadwalkan rekrutmen petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) dilaksanakan akhir Oktober 2024.

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa menyatakan sudah menghitung kebutuhan KPPS yang akan ditugaskan pada Pilkada 2024, yakni mencapai 2.114 orang.

"Hitungannya di Kota Batu itu ada 302 tempat pemungutan suara (TPS) kemudian setiap TPS diisi tujuh KPPS. Untuk rekrutmen satu bulan sebelum pelaksanaan pilkada, sekitar tanggal 27 Oktober," kata Heru.

Kemudian di setiap TPS juga akan diisi oleh dua petugas keamanan dari lindungan masyarakat (linmas). Sehingga total keseluruhan petugas KPPS dan linmas yang disiapkan pada tahapan pemungutan suara, di 27 November 2024 mencapai 2.718 orang.

"Untuk pengaman kami juga bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu," ucap dia.

KPU Kota Batu mendorong anak muda di wilayah setempat supaya berpartisipasi dalam penyelenggaraan tahapan pemungutan suara dengan mendaftarkan diri sebagai KPPS.

Terlebih jika anak muda itu sebelumnya telah memiliki pengalaman bertugas sebagai petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) agar ikut mendaftar pada masa rekrutmen.

"Pantarlih yang punya kinerja bagus saat coklit sudah kami teropong, kami ajak sosialisasi lebih awal, misalnya soal PKPU dan lain-lain," tuturnya.

Heru menyatakan untuk komposisi KPPS tidak hanya anak muda tetapi memadukan dengan masyarakat yang sudah memiliki pengalaman menjadi petugas pada pelaksanaan pemilihan umum.

"Misalnya dua sudah senior dan lima anak muda-muda. Ini untuk pendidikan juga, kami menginginkan seperti itu juga," katanya.

Selain itu, dia menyatakan mekanisme pendaftaran tidak berbeda dari pesta demokrasi sebelumnya, dimana sebelum mengikuti seleksi lanjutan para calon KPPS harus mengikuti pelaksanaan tes kesehatan terlebih dahulu.

Lembaga penyelenggara pemilihan tingkat kota membangun komunikasi dengan Dinas Kesehatan dan puskesmas di Kota Batu untuk pelaksanaan tes kesehatan calon KPPS.

"Pemeriksaan gratis untuk KPPS di fasilitas puskesmas yang ada," tuturnya.

Ditanya soal suplai vitamin bagi petugas KPPS, dia tak menampik jika hal itu akan diberikan.

"Kami upayakan karena ini gawe daerah dengan perubahan anggaran untuk menuju ke sana," tuturnya.

Tahapan pendaftaran Pilkada 2024 kini telah berjalan hingga Kamis (29/8). KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sedangkan, tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024