Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep akan melakukan pengawasan melekat selama masa pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Kami bersama panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) secara bergantian akan siaga untuk melakukan fungsi pengawasan secara langsung dan formal di Kantor KPU Sumenep selama masa pendaftaran paslon," kata komisioner Bawaslu Sumenep Moh Rusydi Zain ZA melalui telepon, Minggu.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024, masa pendaftaran pasangan calon gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan walikota-wakil walikota ke KPU di masing-masing daerah pada 27-29 Agustus.

Selama tiga hari itu pula, Bawaslu Sumenep dan jajaran akan berada di kantor KPU setempat sebagai tempat pendaftaran paslon bupati-wakil bupati.

Sesuai pengumuman dari KPU Sumenep, pada dua hari pertama masa pendaftaran paslon, yakni Selasa (27/8) dan Rabu (28/8), waktu pendaftarannya sesuai jam kantor, yakni pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara pada hari terakhir masa pendaftaran, yakni Kamis (29/8), waktunya mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB.

"Pengawasan melekat berupa siaga di Kantor KPU Sumenep itu selama masa pendaftaran paslon. Kalau pun waktunya hingga dini hari, kami pun tetap siaga untuk pengawasan langsung dan formal," kata Rusydi.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan menghadirkan seluruh anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) untuk persiapan pengawasan tahapan pencalonan bupati-wakil bupati.

Selama dua hari, seluruh anggota panwascam itu diberi pemahaman secara teknis tentang regulasi pendaftaran paslon bupati-wakil bupati sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan melekat di Kantor KPU Sumenep selama masa pendaftaran paslon.

Anggota panwascam dari masing-masing kecamatan, kecuali kecamatan kepulauan, akan diberi tugas secara bergiliran melakukan pengawasan melekat. 

"Kami sudah jadwalkan waktu penugasan pengawasan melekat tersebut bagi masing-masing anggota panwascam. Sistemnya dibuat bergiliran dan semua anggota panwacam di kecamatan daratan dipastikan akan mendapat tugas siaga di Kantor KPU Sumenep," kata Rusydi.

Sumenep terdiri atas 334 desa kelurahan yang tersebar di 27 kecamatan, dan sembilan kecamatan diantaranya di wilayah kepulauan.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024