Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Sumenep periode 2024-2029 hasil Pemilu Legislatif 2024 dilantik dan diambil sumpah janji di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Pengambilan sumpah janji anggota DPRD tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sumenep Yuli Purnomosidi dan disaksikan para pejabat forum komunikasi pimpinan daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah, tokoh agama, dan undangan lainnya.

Sebelumnya, nama-nama anggota DPRD Sumenep 2024-2029 sebagaimana dalam SK Gubernur Jawa Timur itu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sumenep Yanuar Yudha Bachtiar.

Sebanyak 50 anggota DPRD Sumenep 2024-2029 berasal dari kader 10 partai politik (parpol) setempat.

PDI Perjuangan menjadi parpol dengan kader terbanyak di DPRD Sumenep, yakni 11 orang dari delapan daerah pemilihan pada Pemilu Legislatif 2024.

Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10 orang, Partai Demokrat tujuh orang, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) enam orang.

Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak lima orang, Partai NasDem juga lima orang, dan Partai Gerindra dua orang.

Kemudian, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak dua orang, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang (PBB), masing-masing satu orang.

Ratusan petugas gabungan dari Polres Sumenep, Kodim 0827, dan instansi samping lainnya disiagakan untuk mengamankan pelantikan anggota DPRD setempat di Pendopo Agung.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024