Kepolisian Resor (Polres) Magetan beserta pimpinan partai politik di Magetan, Jawa Timur melakukan penandatanganan deklarasi damai pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam deklarasi pilkada damai tersebut.

"Ini adalah langkah penting dalam menjaga kondusivitas daerah kita selama pelaksanaan pemilu. Dengan adanya deklarasi ini, kita berharap masyarakat Magetan dapat menggunakan hak pilihnya dengan rasa aman dan nyaman," ujar AKBP Satria Permana di sela-sela penandatanganan deklarasi pilkada damai seusai apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Mapolres Magetan, Senin.

Menurutnya, penandatanganan komitmen dan deklarasi pilkada damai tersebut merupakan bentuk kesepakatan bersama seluruh parpol dan seluruh elemen masyarakat di Magetan untuk menciptakan suasana pilkada yang damai, tertib, dan aman.

Mereka berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, menolak segala bentuk provokasi, serta mengedepankan persatuan dan kesatuan demi terwujudnya pilkada yang bersih dan adil.

Selain penandatanganan komitmen, kegiatan tersebut juga diisi dengan pembacaan ikrar damai oleh seluruh perwakilan parpol.

"Dengan adanya deklarasi tersebut, diharapkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Magetan dapat bekerja sama dalam menjaga kerukunan dan perdamaian, sehingga Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan sukses," katanya.

Kegiatan deklarasi dan penandatanganan pilkada damai juga diikuti oleh para perwakilan tokoh masyarakat.

Acara tersebut juga disaksikan oleh Pj Bupati Magetan, Kapolres Magetan, Dandim 0804/Magetan, Ketua KPU Kabupaten Magetan, Bawaslu, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024