Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan gencar menyiapkan tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dalam menyambut pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Semakin dekat dengan tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang hanya tinggal 14 hari lagi KPU mematangkan segala persiapannya,” kata Divisi Sosdiklih SDM dan Parmas KPU Lamongan A. Thoriq Hidayatullah di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Salah satu kesiapan lembaga independen tersebut juga telah menggelar Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah diplenokan.

Dari hasil pleno dan pemutakhiran yang dilakukan, jumlah pemilih sementara di Kabupaten Lamongan sebanyak 1.038.060 meliputi rincian 516.004 pemilih laki-laki dan 522.056 untuk pemilih perempuan.

Dari total DPS sementara itu didapati melalui proses coklit di 27 kecamatan dan 474 desa atau kelurahan dengan total 2.071 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Lamongan.

“Kami juga telah menyiapkan TPS khusus yakni di Ponpes Sunan Drajat dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B,” ujarnya.

Selain itu, untuk menyambut proses pendaftaran calon juga terdapat pemeriksaan kesehatan KPU setempat dengan melibatkan tiga rumah sakit di Lamongan.(*)

Pewarta: Ali Khakim

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024