Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur belum menetapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Ddaerah (DPRD)  terpilih periode 2024-2029 melalui rapat pleno penetapan calon anggota Dewan setempat.

"Kami masih menunggu arahan dari KPU RI untuk menggelar rapat pleno penetapan anggota DPRD terpilih periode 2024-2029," kata Anggota KPU Kabupaten Jember Zeni Musafa saat dikonfirmasi per telepon di kabupaten setempat, Minggu.

Menurutnya ada tiga gelombang penetapan anggota dewan terpilih, yakni gelombang pertama untuk daerah yang tidak memiliki sengketa pemilu, kemudian gelombang kedua untuk daerah yang sengketa pemilunya ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penetapan gelombang ketiga adalah daerah yang sengketa pemilu-nya diterima oleh MK, sehingga penyelenggara pemilu di daerah harus melaksanakan putusan MK. Kabupaten Jember masuk pada penetapan gelombang ketiga," tuturnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah menanyakan kepada KPU Provinsi Jawa Timur terkait dengan persoalan itu, selanjutnya pihak KPU Provinsi Jatim juga berkirim surat kepada Biro Hukum KPU RI untuk menanyakan jadwal beberapa kabupaten di daerah ini yang belum menetapkan calon anggota dewan terpilih.

Baca juga: KPU Jember targetkan tingkat partisipasi pemilih pilkada diatas 60 persen

"Sengketa pemilu di Kabupaten Jember sudah selesai, namun kemungkinan molornya penetapan anggota dewan di beberapa kabupaten di Jatim karena ada gugatan perselisihan hasil pemilu di daerah lain yang belum selesai," katanya.

Sebelumnya jadwal penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Jember seharusnya dilakukan pada 31 Juli 2024, namun pihak KPU RI meminta KPU Kabupaten Jember menunda lebih dulu.

"Mudah-mudahan bisa dilakukan pleno penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Jember terpilih dalam waktu dekat karena pada 21 Agustus 2024 dijadwalkan pelantikan anggota dewan terpilih agar tidak terjadi kekosongan di legislatif," ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Jember Itqon Syauqi berharap jadwal penetapan dan pelantikan DPRD periode 2024-2029 itu tidak molor, karena banyak agenda yang harus dilaksanakan oleh anggota dewan secara maraton.

"Kami berharap segera ada rapat pleno penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Jember terpilih dan para wakil rakyat bisa segera dilantik untuk langsung bekerja karena ada pembahasan APBD 2025 yang sudah menunggu," ucap politisi PKB yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Jember 2024-2029 tersebut.

Baca juga: KPU Jember tetapkan anggota DPRD terpilih usai jalankan putusan MK

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024