Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur melakukan serangkaian upaya untuk memastikan peningkatan jaminan kesejahteraan kepada para veteran khususnya anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Batu M.D Furqon di Kota Batu, Sabtu, menyatakan Pemkot Batu selama ini rutin memberikan insentif kepada seluruh anggota LVRI.

"Terkait peningkatan kesejahteraan veteran yang sudah berjuang khususnya di Kota Batu ada insentif yang diberikan," kata Furqon.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para veteran, Pemkot Batu juga memberikan fasilitas tempat tinggal.

"Selama ini seperti itu, rumah dinas bagi para veteran yang bersedia tinggal. Sekarang sudah 10 unit yang ditempati," ujarnya.

Furqon menyatakan kedepannya pemerintah setempat mengupayakan insentif bisa diberikan lebih masif agar kesejahteraan para veteran bisa semakin terjamin.

"Melalui kepala daerah yang baru, karena saat ini masih penjabat dan ketika ada ketersediaan anggaran, bisa menjadi satu bulan sekali kepada veteran," ucapnya.

Sementara, Ketua LVRI Kota Batu Sersan Mayor (Purn) Handri Israwan mengatakan sejak 2008 hingga saat ini Pemkot Batu konsisten menunjukkan perhatiannya kepada para veteran dengan memberikan tali asih selama empat kali dalam satu tahun.

Bantuan itu diserahkan ketika momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, hari raya, Hari Pahlawan, dan Hari Jadi Kota Batu.

"Dari Dinas Sosial ada tali asih Rp 1juta, per tahun ada empat kali (pemberian)," ucapnya.

Pemkot Batu tetap menyalurkan intervensi meskipun anggota LVRI sudah meninggal dunia. Peruntukannya adalah bagi janda veteran dari beragam generasi.

"Ke semua anggota, veteran dan janda veteran yang saat ini ada 126 orang. Kalau tahun 2008 sekitar 400an lebih itu LVRI Kota Batu," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi semangat Pemkot Batu dalam memberikan kesejahteraan para veteran, termasuk rutin menyelenggarakan peringatan Hari Veteran Nasional.

"Tahun ini juga ada pemberian bantuan beras dari Pak Pj Wali Kota, kami mengucapkan terima kasih," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024