Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Jawa Timur berupaya menekan angka pengangguran di wilayah itu melalui penyediaan informasi lowongan kerja melalui kerja sama dengan sejumlah perusahaan.

"Ada 18 perusahaan yang bekerja sama atau menjadi mitra Pemkab Bangkalan," kata Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Bangkalan Hariyani Fitrianingsih di Bangkalan, Senin.

Ia menjelaskan, ke-18 perusahaan itu selalu menyampaikan informasi kepada Pemkab Bangkalan apabila membutuhkan tenaga kerja.

Pemkab selanjutnya menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat Bangkalan, baik melalui media sosial, maupun media massa.

"Kadang kami menggelar pameran bursa kerja dengan menghadirkan langsung ke-18 perusahaan mitra Pemkab Bangkalan itu, seperti yang digelar beberapa waktu lalu," katanya menjelaskan.

Pada kegiatan tersebut, informasi lowongan kerja bukan hanya di dalam negeri, akan tetapi juga tersedia di luar negeri.

Selain dengan melakukan layanan informasi lowongan kerja, Pemkab Bangkalan juga melakukan berbagai jenis pelatihan keterampilan kerja dengan sasaran para pemuda lulusan SMA dari berbagai kecamatan di wilayah itu.

Menurut Hariyani, ada berbagai jenis pelatihan yang telah digelar Pemkab Bangkalan selama Januari hingga Juli 2024. Di antaranya pelatihan keterampilan menjahit, keterampilan membatik, las listrik dan membuat kue.

"Ini untuk mendukung sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Bangkalan ini," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bangkalan, jumlah pengangguran di kabupaten paling barat di Pulau Madura ini tercatat 6,18 persen dari total jumlah penduduk Bangkalan atau sebanyak 37.637 orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024