Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep KH Imam Hasyim memastikan rekomendasi dari PKB untuk mengusung pencalonan dirinya dalam Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) 2024 setempat segera turun.

"InsyaAllah sebentar lagi rekomendasi DPP PKB akan turun sekalian kami menyiapkan deklarasi di Sumenep," kata Kiai Imam, sapaan KH Imam Hasyim dari Surabaya, Selasa.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan merekomendasikan Achmad Fauzi Wongsojudo-Kiai Imam untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati di Pilkada Sumenep 2024.

Fauzi sendiri adalah Bupati Sumenep yang juga ketua DPC PDI Perjuangan setempat.

Rekomendasi dari PDI Perjuangan itu telah diserahkan kepada Fauzi-Kiai Imam di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur di Surabaya, Selasa pagi. 

"Mohon doanya kami amanah dan mampu mengemban amanah ini. Rekomendasi PKB atas pencalonan kami bersama Pak Fauzi sebagai bakal calon bupati akan turun dalam waktu dekat," kata Kiai Imam.

Rekomendasi PDI Perjuangan bagi Fauzi-Imam untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati merupakan rekomendasi pertama yang dikeluarkan oleh partai politik (parpol) menjelang Pilkada Sumenep 2024.

Sesuai hasil Pemilu 2024, PDI Perjuangan Sumenep memperoleh 11 kursi di DPRD setempat dan PKB sebanyak 10 kursi.

Di Sumenep, hanya dua parpol yang bisa mengusung kandidat pilkada secara mandiri atau tanpa koalisi, yakni PDI Perjuangan dengan 11 kursi di DPRD dan PKB sebanyak 10 kursi.

 

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024