Bakal calon Bupati Sumenep dari PDI Perjuangan Achmad Fauzi Wongsojudo optimistis partai politik lain akan memberikan dukungan dan rekomendasi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024.

"Alhamdulillah, rekomendasi pencalonan kami sebagai bakal calon bupati dari parpol kami, PDI Perjuangan, sudah turun. InsyaAllah, rekomendasi dari parpol lain akan turun juga," katanya dari Surabaya, Selasa.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan merekomendasikan Fauzi-KH Imam Hasyim untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024.

Rekomendasi tersebut diserahkan kepada Fauzi-Imam di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur di Surabaya, Selasa pagi.

"Rekomendasi dari parpol koalisi akan menyusul. Dalam waktu dekat," kata Fauzi, menambahkan.

Saat ini, Fauzi menjabat Bupati Sumenep dan juga ketua DPC PDI Perjuangan setempat.Sementara KH Imam Hasyim merupakan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep.

Rekomendasi PDI Perjuangan bagi Fauzi-Imam untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati merupakan rekomendasi pertama yang dikeluarkan oleh partai politik (parpol) menjelang Pilkada Sumenep 2024.

Sesuai hasil Pemilu 2024, PDI Perjuangan Sumenep memperoleh 11 kursi di DPRD setempat dan PKB sebanyak 10 kursi.

Di Sumenep, hanya dua parpol yang bisa mengusung kandidat pilkada secara mandiri atau tanpa koalisi, yakni PDI Perjuangan dengan 11 kursi di DPRD dan PKB sebanyak 10 kursi.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilkada Sumenep yang ditetapkan KPU RI, pendaftaran pasangan calon dari partai politik pada 27-29 Agustus. Sementara pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024