Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melatih puluhan kader posyandu di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menjadi edukator gizi untuk memudahkan mereka menyampaikan pesan pendidikan gizi kepada masyarakat setempat.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh "Centre for Health and Nutrition Education, Counseling, and Empowerment" (Chenece) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Bakti Kangean”.

"Kader posyandu seringkali kader kurang percaya diri memberikan edukasi gizi kepada ibu balita dan belum mampu membuat kreasi media edukasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pelatihan ini untuk menjembatani kendala-kendala seperti itu," kata Ketua Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair, DR Siti Rahayu Nadhiroh dalam keterangan pers, Ahad.

Pelatihan edukator gizi bagi puluhan kader dari delapan posyandu di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, tersebut dilaksanakan di kantor kecamatan setempat, Jumat-Sabtu (19-20/7).

Mereka dilatih tentang konten edukasi, yakni stunting, teknik berkomunikasi yang efektif, dan membuat media edukasi pendidikan gizi.  

Selain itu, juga ada praktek pengukuran tinggi/panjang badan dan berat badan untuk balita secara tepat. 

Tidak sekadar dilatih, peserta juga langsung praktek menjadi edukator gizi dan menciptakan media edukasi dengan bahan yang sudah difasilitasi oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair di Puskesmas Arjasa, Sabtu (20/7).

Para peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, mulai dari materi hingga praktek. 

"Semoga setelah ini para kader posyandu di Pulau Kangean memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menjadi edukator gizi kepada masyarakat, khususnya di posyandu masing-masing,” kata Nadhiroh yang juga Ketua Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair.

Kegiatan pengabdian masyarakat "Bakti Kangean" yang dilaksanakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair itu telah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022.

*)Untuk informasi lebih lanjut terkait Unair, bisa mengunjungi laman https://www.unair.ac.id/
 

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024