PT Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur (Bank UMKM Jatim)  menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan pemroses transaksi pembayaran digital, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di wilayah tersebut, khususnya bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank UMKM Jatim Irwan Eka Wijaya A dalam keterangannya di Surabaya, Rabu, mengatakan kerja sama strategis antara pihaknya dan Jalin bertujuan untuk memperkuat layanan perbankan dan mendukung percepatan digitalisasi di sektor UMKM.

Selain itu, kata dia, kerja sama tersebut berfokus pada penerapan teknologi digital terkini untuk menyediakan layanan yang lebih cepat, aman dan efisien bagi seluruh nasabahnya.

"Kolaborasi dengan Jalin merupakan langkah penting dalam perjalanan digitalisasi kami. Dengan memanfaatkan solusi teknologi mutakhir yang ditawarkan oleh Jalin, kami dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelaku UMKM di Jawa Timur," ujarnya.

Baca juga: Bank Jatim bantu UMKM di Jatim perluas akses pemasaran

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan perbankan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nasabah, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Sementara itu, Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menegaskan bahwa percepatan transformasi digital perbankan daerah adalah sebuah keharusan.

"Penguatan infrastruktur sistem pembayaran digital dan perbankan digital secara umum telah membuka peluang bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas," ujar Ario.

Selain itu, kata Ario, juga terdapat potensi implementasi sistem pembayaran digital berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di seluruh UMKM yang menjadi mitra Bank UMKM Jatim.

“Dengan QRIS, UMKM dapat lebih mudah mengatur keuangan mereka, mempermudah pelacakan pendapatan dan pengeluaran, serta meningkatkan akurasi dalam rekonsiliasi keuangan. Hal ini membantu UMKM menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien dan transparan," ucapnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024