Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwilkumham) Jawa Timur memastikan jika pelayanan keimigrasian bagi jamaah haji Debarkasi Surabaya di Bandara Internasional Juanda berjalan dengan lancar.

Kepala Kanwilkumham Jatim Heni Yuwono di Sidoarjo, Minggu, mengatakan permasalahan server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sempat terjadi tidak mempengaruhi pelayanan keimigrasian bagi jamaah haji debarkasi Surabaya.

"Pemberian tanda masuk kepada empat kloter pertama yang berisikan 1.461 orang haji dan 20 petugas kloter berjalan lancar," katanya.

Ia mengemukakan petugas Haji 2024 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya membentuk enam unit pelayanan.

"Masing-masing beranggotakan sembilan orang petugas imigrasi," ujar Heni.

Pada hari Sabtu-Minggu, lanjut Heni, piket dimulai dari Unit B. Tim yang dipimpin oleh Yudhistira Yudha Permana tersebut telah memberikan tanda masuk pada kloter 1-4.

"Semua jamaah haji asal Bojonegoro, hingga Laporan ini dibuat sudah 1.481 Jamaah yang pulang melalui Debarkasi Surabaya," ucapnya.

Heni menjelaskan sebagai bentuk transparansi, statistik pelayanan haji 2024 embarkasi/debarkasi Surabaya dapat dipantau melalui https://adhaji.imisurabaya.id/. Terkait permasalahan server PDN yang sempat terjadi, ia menjelaskan bahwa kendala server sudah berhasil diatasi.

"Untuk masalah server, saat ini sudah normal, pelayanan keimigrasian baik di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) di Junda maupun kantor imigrasi juga telah berjalan tanpa kendala," tuturnya.

Kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Surabaya mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pada Sabtu (22/6) malam pukul 20:15 WIB atau lebih cepat 50 menit dari jadwal semula. Selanjutnya, dengan naik bus Damri para jamaah haji asal Kabupaten Bojonegoro ini tiba di Asrama Haji Surabaya pada pukul 21: 40 WIB.

Para jemaah ini berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 03.15 WAS dini hari dan transit terlebih dahulu di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara pada pukul 16:15 WIB untuk mengisi bahan bakar, sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda pada pukul 17:45 WIB.

Debarkasi Surabaya dijadwalkan akan menerima kepulangan jamaah haji sebanyak 106 kloter pada tahun 2024. Total 39.226 orang, yang mana setiap kloter terdiri atas 371 orang dengan komposisi 366 orang haji dan 5 petugas kloter.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024