Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengantongi rekomendasi sebagai bakal calon bupati (bacabup) setempat periode 2024-2029 dari Tim Pilkada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu.

Rekomendasi tersebut diserahkan oleh Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadiq kepada Ketua DPD PAN Sumenep Faisal Muhlis dan selanjutnya diteruskan kepada Fauzi di Kantor DPW PAN Jawa Timur di Surabaya.

"Ini amanah besar yang harus dijalankan oleh kami. Ini rekomendasi tahap pertama bagi kami menjelang Pilkada Sumenep 2024. Terima kasih kepada DPP PAN atas kepercayaannya kepada kami," kata Fauzi di Surabaya.

Fauzi yang masih menjabat sebagai Bupati Sumenep itu menjelaskan akan secepatnya melakukan langkah-langkah taktis dan strategis guna menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Hingga saat ini komunikasi politik dengan pimpinan sejumlah partai politik di Sumenep terus dilakukan.

"Rekomendasi dari PAN membuat kami lebih mantap dalam melangkah. Untuk penentuan bakal calon wakil bupati (bacawabup) akan diserahkan pada keputusan partai politik," ujarnya, menambahkan.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua DPD PAN Sumenep Faisal Muhlis menerima rekomendasi sebagai bacawabup setempat periode 2024-2029 dari Tim Pilkada DPP PAN.

Sesuai hasil Pemilu 2024, PDI Perjuangan Sumenep memperoleh 11 kursi di DPRD setempat dan PAN sebanyak 5 kursi.

Di Sumenep, hanya dua parpol yang bisa mengusung kandidat pilkada secara mandiri atau tanpa koalisi, yakni PDI Perjuangan dengan 11 kursi di DPRD dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 10 kursi.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilkada Sumenep yang ditetapkan KPU RI, pendaftaran pasangan calon dari partai politik pada 27-29 Agustus. Sementara hari "H" pilkada pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024