Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur, menjamin ketersediaan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan berkurban menjelang Idul Adha di daerah itu.

"Stok hewan kurban di Lumajang sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang Hairil Diani di Lumajang, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan inventarisasi dan cadangan stok ternak di Lumajang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan berkurban pada Hari Raya Idul Adha.

"Dengan ketersediaan stok hewan ternak yang memadai, maka diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan lancar dan khidmat," tuturnya.

Menurutnya DKPP telah melakukan pemantauan secara berkala terhadap stok hewan kurban yang ada di Lumajang dan langkah tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa semua persiapan terkait dengan penyediaan hewan kurban telah berjalan dengan baik dan memadai.

Baca juga: Pemkab Lumajang tingkatkan pengawasan hewan kurban jelang Idul Adha

"Kami terus memantau ketersediaan hewan kurban untuk memastikan bahwa semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," katanya.

Hairil mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan membeli hewan kurban, sehingga penting memastikan bahwa hewan kurban yang dibeli berasal dari sumber yang terpercaya dan telah melalui proses pemeriksaan kesehatan yang memadai.

"Upaya memastikan kualitas hewan kurban adalah tanggung jawab bersama, sehingga dengan memilih hewan kurban yang sehat dan layak konsumsi, maka masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan tenang dan aman," ujarnya.

Berdasarkan data Peternakan 2023 di DKPP Lumajang tercatat jumlah populasi sapi potong yang tersebar di 21 kecamatan sebanyak 206.897 ekor, sedangkan populasi kambing sebanyak 71.454 ekor dan domba 54.322 ekor, sehingga dipastikan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di kabupaten setempat.

Pantauan di lapangan, harga hewan kurban di Kabupaten Lumajang mengalami kenaikan, namun masih dalam batas kewajaran seperti harga seekor sapi dari Rp15 juta menjadi Rp17 juta. Sedangkan sapi kategori bobot besar harganya berkisar Rp22 juta hingga Rp26 juta per ekor.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024