Pejabat tinggi TNI yang bertanggung jawab terhadap fungsi pengawasan dan evaluasi kinerja personel meninjau langsung pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-12 di Kabupaten Trenggalek. 
 
"Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh proses TMMD berjalan secara optimal, efektif dan efisien," kata Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Teguh Prayitno di Desa Tanggaran Kecamatan Pule, lokasi TMMD ke-120 di Trenggalek, Kamis.
 
Ia bersama tim Wasev TNI sempat meninjau beberapa lokasi sasaran fisik seperti pembuatan tanggul penahan jalan (TPJ), rabat jalan, pemavingan jalan hingga pembangunan rumah tinggal layak huni (RTLH). Staf penanggung jawab operasi (PJO) TMMD itu mengapresiasi capaian kegiatan itu.
 
Capaian itu tak lepas dari kolaborasi antarsemua pihak sehingga kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar.
 
Pihaknya berharap, kegiatan itu dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa Tanggaran dan sekitarnya, serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga.
 
TMMD Ke-120 itu merupakan salah satu wujud nyata sinergi TNI dengan masyarakat dalam membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
 
"TMMD terselenggara berkat kolaborasi semua pihak, terima kasih. Semoga hasil TMMD bisa bermanfaat untuk masyarakat," imbuhnya usai menyerahkan paket bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat desa setempat.
 
Dikonfirmasi usai kegiatan penanaman pohon dalam kunjungan kerja itu, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono menambahkan, kegiatan TMMD itu tidak hanya memberikan dampak pada aksesibilitas antarwilayah. Namun juga peningkatan kualitas hidup, pemberdayaan ekonomi hingga peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebab kegiatan TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur semata.
 
Namun juga pembangunan nonfisik seperti pengembangan sumberdaya manusia melalui berbagai pelatihan dan workshop, juga pembinaan dan penyuluhan masyarakat.
 
"Melalui TMMD ini, TNI bersama dengan stakeholder lainnya bersinergi memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat. Mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh," kata Gathut.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Danrem 081/ DSJ Kolonel Inf H. Sugiono, Dandim 0806 Letkol Czi Yudo Aji Susanto, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Nata Negara, perwakilan dari Kejari dan Pengadilan Negeri Trenggalek, jajaran Forpimcam Pule, tiga pilar Desa Tanggaran serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024