Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep menyatakan Panitia Pengawas Pemilu  Kecamatan (Panwascam) Masalembu belum mewawancarai calon anggota panitia pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD) pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, karena masih berada di Kecamatan Kota.

"Semua anggota Panwascam Masalembu belum bisa kembali dan masih berada di Kecamatan Kota karena tak ada jadwal pemberangkatan kapal sejak Sabtu (25/5) hingga Rabu ini," kata Ketua Bawaslu Sumenep Achmad Zubaidi di Sumenep.

Bawaslu Sumenep melantik anggota panwascam pilkada serentak pada Sabtu (25/5) yang dilanjutkan dengan bimbingan teknis hingga Ahad (26/5).

Selanjutnya panwascam di masing-masing kecamatan langsung bertugas mewawancarai calon anggota PKD pilkada serentak pada 27-28 Mei 2024.

"Sesuai hasil laporan dari staf dan koordinasi langsung pada Rabu siang ini, ternyata hanya Panwascam Masalembu yang belum menyelesaikan tugas mewawancarai calon anggota PKD karena memang belum tiba di Pulau Masalembu," ucap Zubaidi.

Sementara itu, sebanyak 26 panwascam lainnya telah menuntaskan wawancara calon anggota PKD sesuai jadwal.

Zubaidi menjelaskan sesuai hasil koordinasi, terdapat jadwal pemberangkatan kapal ke Masalembu pada Kamis, 30 Mei 2024.

"Itu pun pemberangkatannya dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kami sudah minta Panwascam Masalembu secepatnya mewawancarai calon anggota PKD begitu tiba di Pulau Masalembu," tutur dia.

Sebagai informasi, Kabupaten Sumenep terdiri atas 27 kecamatan dan sembilan kecamatan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024