Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar Festival Lansia 2024, sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada warga lanjut usia dalam upaya meningkatkan usia harapan hidup.

Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito mengemukakan kegiatan Festival Lansia 2024 ini digelar memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024. Pesertanya adalah mereka yang sudah lanjut usia.

"Kegiatan Festival Lansia 2024 bertujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup dan semangat para lansia agar bisa bergembira dengan sesama lansia se-Kabupaten Kediri," katanya di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan festival itu diisi kegiatan yang menggembirakan dengan peserta puluhan orang. Ada tiga lomba yakni lomba lansia cantik sebanyak 36 peserta, lomba lansia joget 23 peserta, dan lomba berpacu dalam lagu.

Mbak Cicha, sapaan akrabnya juga mengatakan bahwa harapan dan semangat para lansia menjadi pengalaman berharga yang dapat disalurkan terhadap generasi muda berikutnya. Sebagai teladan, para lansia diharapkan mampu memberikan motivasi untuk melanjutkan pembangunan bangsa.

Dirinya berharap kesempatan tersebut dapat menjadi ruang bagi para lansia untuk menyalurkan hobi dan keterampilan yang dimiliki. Terlebih, hal itu sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan usia harapan hidup bagi lansia.

"Kami mengharapkan mbah kakung (kakek) dan mbah putri (nenek) juga dapat mengekspresikan diri dengan bebas dan bisa mendapat kebahagiaan bertemu teman-teman seumurannya," kata Istri Bupati Kediri tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Ariyanto mengatakan pemerintah daerah berupaya memberikan ruang bagi masyarakat termasuk penduduk lansia. Pemerintah memberikan peningkatan aksesibilitas layanan kesehatan, perhatian lebih kepada warga yang masuk kategori lansia potensial, dan program penguatan terhadap penduduk lanjut usia.

"Kami ingin memberikan pelayanan terbaik. Baik kepada lansia yang masih produktif atau yang tidak, supaya mereka dapat mengekspresikan dirinya," kata Ariyanto.

Ia menambahkan, pemkab juga mengagendakan kegiatan senam lansia yang akan digelar pada pada Jumat (7/6), di Kawasan Taman Hijau Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini akan diikuti sekitar 1.000 peserta lansia. Acara ini digelar dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024.*

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024