Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menggelar program TNI manunggal membangun desa (TMMD) dengan memperbaiki sejumlah titik infrastruktur di wilayah pedalaman Kabupaten Trenggalek, tepatnya di Desa Tanggaran, Kecamatan Pule.

Wabup Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara pun mengapresiasi bantuan dan dukungan TNI dalam perbaikan kualitas infrastruktur desa-desa di Pedalaman Trenggalek, Senin.

"Terima kasih kepada Pak Danrem, Pak Dandim maupun pihak-pihak yang terlibat. Semoga ini membawa manfaat bagi masyarakat Trenggalek,” kata Wabup Syah usai meninjau pelaksanaan kegiatan TMMD ke-120 di Desa Tanggaran Kecamatan Pule.

Infrastruktur yang semakin mudah diharapkan Mas Syah, sapaan akrab wakil bupati itu, dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Masyarakat akan semakin mudah dalam melakukan mobilisasi hasil bumi maupun produksi susu mengingat daerah itu merupakan salah satu penghasil susu di Bumi Menak Sopal, sebutan lain Trenggalek.

"Jalan merupakan salah satu akses penunjang perekonomian masyarakat di Tanggaran yang dikenal sebagai salah satu desa penghasil susu itu," imbuhnya.

Mas Syah menyebut kegiatan TMMD ke-120 di Trenggalek itu juga fokus pada kegiatan nonfisik, di antaranya adalah peningkatan wawasan kebangsaan.

Di antaranya adalah penyuluhan hukum, penangkalan bahaya radikalisme serta aspek lainnya.

"Ada infrastruktur, kemudian rumah tidak layak huni, terus wawasan kebangsaan dan sebagainya. Kami yakin ini akan membawa dampak positif untuk masyarakat Trenggalek khususnya masyarakat Desa Tanggaran," katanya.

TMMD ke-120 di Trenggalek yang diikuti oleh TNI dari berbagai matra itu berlangsung selama 30 hari atau berakhir pada 6 Juni.

Saat pembukaan TMMD beberapa waktu lalu, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiyono menekankan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, program ini tidak hanya fokus pada perbaikan akses transportasi, tetapi juga pembangunan infrastruktur lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Dengan kata lain, program itu menyasar kegiatan fisik maupun nonfisik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program TMMD di sini memiliki empat sasaran utama, yaitu pembangunan jalan, rabat, tembok penahan jalan, dan perbaikan rumah tidak layak huni," kata dia.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024