Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat dari seratusan orang pendaftar calon anggota panitia pemilihan kecamatan atau PPK baru ada 45 orang memenuhi syarat administrasi.

KPU membuka pendaftaran rekrutmen pembentukan badan penyelenggara ad hoc untuk panitia pemilu kecamatan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 ini sejak 23-29 April 2024.

"Sampai dengan hari ini baru ada 45 pendaftar yang sudah memenuhi syarat administrasi sebagai calon anggota PPK dari seratusan orang pendaftar," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Sejauh ini, lanjut dia, pendaftar calon anggota PPK yang tercatat di aplikasi atau pendaftaran secara daring ada sekitar 112 orang.

Marwoto optimistis sampai dengan Senin (29/4) atau hari terakhir pendaftaran akan terpenuhi jumlah calon anggota PPK dan selanjutnya KPU melakukan seleksi administrasi.

Setelah seleksi administrasi, kata Marwoto, calon anggota panitia pemilu kecamatan itu selanjutnya mengikuti tes tulis dengan computer asisted test (CAT) atau mengerjakan tes tulis di komputer.

"Tes tulis dengan CAT rencananya dilaksanakan pada minggu kedua pada bulan Mei mendatang. Tentu untuk saat ini menyelesaikan seleksi administrasi calon anggota PPK," kata Marwoto.

Dia mengajak masyarakat agar ikut mendaftar sebagai penyelenggara pemilu dan bagi yang berminat bisa menghubungi KPU kabupaten.

Bagi pendaftar PPK juga harus memiliki akun SIAKBA yang bisa diakses melalui (https://siakba.kpu.go.id/).

"Tentunya bagi pendaftar atau pelamar harus tetap menyiapkan berkas-berkas pendaftaran serta dokumen lainnya," ujar Marwoto.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024